Beri Motivasi Anggota, Kapolres Pacitan Keliling Polsek Jajaran Seminggu Penuh


 PACITAN-Dalam rangka meningkatkan semangat dan motivasi anggotanya, Kepala Polres Pacitan, AKBP Agung Nugroho, melakukan kunjungan keliling ke seluruh Polsek jajaran selama seminggu, mulai dari tanggal 13 hingga 18 Mei 2024. Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan arahan dan motivasi kepada anggota dalam menjalankan tugasnya sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat.


Dalam arahannya, Kapolres Pacitan Agung Nugroho menekankan pentingnya peningkatan kemampuan anggota Polri melalui pendidikan pengembangan dan kejuruan.


 "Anggota Polri harus terus meningkatkan kemampuannya dengan mengikuti pendidikan pengembangan dan kejuruan," ujar Kapolres Pacitan. 


"Hal ini penting untuk menunjang profesionalisme dan kinerja Polri dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," imbuhnya. 


Kapolres Pacitan juga mengingatkan bahwa Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak dari Kepolisian terhadap pelayanan kepada masyarakat. Mereka diminta untuk mengarahkan masyarakat agar menghindari molimo (miras, narkoba, judi, dan premanisme). 


"Bhabinkamtibmas harus selalu hadir di tengah masyarakat dan memberikan pelayanan terbaik," kata Agung. 


Tak hanya itu, menjelang pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024, Kapolres Pacitan meminta kepada anggotanya untuk memantau suara-suara yang berkembang di masyarakat. 


"Jangan sampai ada yang mencoba membuat isu-isu negatif di masyarakat. Tetap jaga netralitas dan profesionalisme Polri dalam mengamankan jalannya Pilkada," tegas Agung. 


Dalam kesempatan itu, Kapolres Pacitan juga meminta evaluasi terhadap kegiatan rontek yang dilakukan beberapa waktu lalu. "Perlu ada pendekatan yang lebih intensif kepada anak muda untuk mencegah terjadinya eskalasi," ujar Agung. 


Selain itu, kegiatan-kegiatan perguruan silat di Pacitan agar bisa dibuat guyub rukun antar perguruan silat. Ini merupakan tugas dari para Bhabinkamtibmas yang di desa atau kelurahan binaan terdapat tempat pelatihan perguruan silat. 


Antisipasi Demam Berdarah


Menjelang musim hujan, Kapolres Pacitan mengingatkan kepada anggotanya untuk mengantisipasi maraknya demam berdarah. 

"Tolong untuk lebih peduli di lingkungan desa binaannya agar dikoordinasikan tindakan yang diambil untuk mencegah demam berdarah," pintanya. 


Kapolres Pacitan juga mengingatkan kepada anggotanya untuk menjaga kekompakan dengan Babinsa dan kepala desa.


 "Disetiap kecamatan ada satu desa/kelurahan yang ditunjuk sebagai APJW (Anugerah Patriot Jawi Wetan). Contohnya di kecamatan Pacitan adalah Kelurahan Sidoharjo. Wujudkan kinerja nyata dalam menjaga keamanan lingkungan," ujar Agung. 


Motivasi dari Hadist Nabi Muhammad SAW


Dalam kunjungannya, Kapolres Pacitan juga memberikan motivasi kepada anggotanya dengan merujuk dari hadist Nabi Muhammad SAW. "Rasulullah SAW bersabda, 'Barangsiapa yang bersungguh-sungguh dalam suatu pekerjaan, maka dia akan mendapatkan kesuksesan'," kata Kapolres Pacitan. 


"Marilah kita semua bekerja dengan bersungguh-sungguh dan penuh semangat untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," sambungnya. 


Kunjungan ke KRPL dan Pendekatan Kepada Anggota


Selain memberikan arahan dan motivasi, Kapolres Pacitan juga memantau KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) di lokasi polsek jajaran. "Bagaimana polsek dapat membudidayakan pangan untuk kemandirian anggota, serta kebersihan lingkungan," pungkas AKBP Agung Nugroho. 


Kepala Polres Pacitan juga melakukan pendekatan kepada anggota hingga ke Polsek jajaran untuk mengetahui keluh kesah dan permasalahan anggota dalam meningkatkan kinerja Polri kedepan. (*)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama